Saturday, December 12, 2015

TOEFL ITP di Palembang

Sempat bingung mencari dimana lokasi test TOEFL ITP diadakan di Palembang, akhirnya saya putuskan untuk mencari tahu sendiri dengan mendatangi lembaga bahasa di beberapa universitas. Saya mendatangi 3 kampus di Palembang yakni Bina Darma, Unsri, dan UMP (Muhammadiyah), karena hanya informasi itu yang saya dapat dari hasil browsing di internet.

Sebagai catatan, tes SULIET (Unsri), TEA (UMP), dan singkatan-singkatan unik lainnya di berbagai lembaga bahasa, hanya  merupakan test prediksi saja, dan sertifikatnya tentu tidak sama dengan TOEFL ITP sesungguhnya yang diterbitkan oleh ECS. Namun demikian, test prediksi sangat membantu dalam mempersiapkan mental untuk menghadapi test yang sesungguhnya. At least kalo tidak lulus, duit yang hilang tidak begitu besar :p

Pertama-tama saya mendatangi kampus Bina Darma. Setelah mencari tahu, ternyata lokasi lembaga bahasa Inggrisnya berada Kampus B, gedung lama di sebelah kiri gedung kampus baru. Ruang lembaga bahasanya berada di lantai 3 di samping kiri arah belakang tangga. Setelah berbicara dengan staff disana, ternyata ELC Bina Darma betul menyelenggarakan TOEFL ITP, namun saya sedikit terlambat karena testnya baru saja dilaksanakan 3 hari yang lalu!.

Karena jadwal test selanjutnya ada di bulan Januari 2016 nanti, dan saya membutuhkan sertifikatnya setidaknya minggu ke-3 di bulan Januari, maka sayapun melanjutkan pencarian ke lokasi berikutnya. O ya, informasi yang saya dapat disini yakni ELC Bina Darma menerapkan quota jumlah peserta, dan sertifikat TOEFL ITP-nya diterbitkan oleh  ECS Jakarta setidaknya 1 minggu setelah ujian berlangsung. Jadi, buat teman-teman yang diburu waktu agar bisa lebih mempersiapkan diri sedini mungkin.



Ini bukan Kampus B, tapi di sebelah kirinya


Selanjutnya saya pergi ke lembaga bahasa di Unsri Bukit (Extension). Gedungnya terletak di dekat gedung Magister Manajemen Unsri (kalau tidak salah), jadi kalau kita lewat jalan di samping gedung MM Unsri, nanti belok ke kanan. Kalau terlanjur turun lewat jalan di area bawah dekat Poltek, nanti belok kanan ke arah jalan yang menanjak tepat di hadapan gedung Poltek. Naik terus sampai ujung, letak gedung lembaga bahasa di sebelah kiri.

Setelah menemui staff di ruang lembaga bahasa di lantai 2 (persis di sebelah kanan tangga), hasilnya juga mengecewakan. Tidak ada jadwal TOEFL ITP untuk bulan ini (Desember 2015). Penyelenggaraannya pun menunggu kuota 10 atau 20 orang (saya lupa). Ketika ditanya sudah berapa orang yang mendaftar? Mbak  staff menjawab baru satu orang... duh!. Padahal besar harapan saya disini. Namun Mbak tersebut bilang coba ke Bina Darma atau UMP saja barangkali ada jadwal. O iya, baru ingat pernah browsing UMP menyelenggarakan TOEFL ITP juga.

Akhirnya saya pergi ke UMP. Setelah bertanya dengan Satpam, dan beberapa orang, letak lembaga bahasanya yakni di gedung FKIP. Kalau dari arah gerbang lurus aja terus sampai ujung, letak gedungnya di sebelah kiri. Setelah masuk gedung, lurus aja sampai di ujung ada tangga, terus naik ke lantai 2. Letak ruang lembaga bahasa-nya dekat dengan tangga tersebut. Lihat tulisan nama ruangan yang ditempel di pintunya, biar tidak salah masuk :D

Setelah berbicara dengan Mbak-Mbak disana, Alhamdulillah ternyata ada jadwal tanggal 9 Januari 2016 nanti... finally! Segera saya mendaftar dengan menulis data diri di buku pendaftaran. Pembayarannya nanti dilakukan melalui transfer/ setor ke rekening UMP, dan beberapa hari sebelum test si Mbak akan menghubungi untuk mengonfirmasi hal tersebut. Setelah selesai, saya pun pamit dan berjanji akan kesana lagi untuk mengonfirmasi pembayaran pendaftaran test. Informasi layanan lembaga bahasa UMP bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Layanan LB UMP


O ya, kata si Mbak di UMP sertifikatnya keluar setidaknya 10 hari setelah ujian, jadi sekitar tanggal 19 Januari 2016. Alhamdulillah masih memungkinkan untuk saya karena saya butuh paling lambat tanggal 23 Januari. Mudah-mudahan testnya nanti berjalan lancar dan saya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan,aamiin :)




PS: akan di-update setelah mengikuti test

12 comments:

  1. Replies
    1. Nanya nih mba bayaran tes nya brp" ya masing" univ?

      Delete
    2. @Katie Wah, maaf saya udah lupa berapa biayanya. Tapi rasanya tidak jauh beda dari biaya test di UMP. Btw saya laki-laki, hehe

      Delete
  2. terima kasih infonya, saya sendiri ga tau kalo di UMP sama bina darma ada tes toefl ipt padahal kampus kami tetanggan hehehehe, makasih banget sudah sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba tebak, kampusnya pasti PGRI ya? hehe

      Delete
  3. mbak itu hasil sertifikat toefl di UMP yang jumlahnya 3 lembar bukan? ada yang warna kuning,, trus ada bentuk piagam sama ada yang bentuk kwitansi kecil gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali, ada 3 lembar persis seperti yang kamu jelaskan. Btw saya laki-laki lho :D

      Delete
  4. Halo, saya mau nanya dong pembayarannya memang lewat transfer ke rek bank sumsel babel ya? Soalnya wkt telfon kesana mbaknya bilang lgsg transfer aja nanti bukti transfernya kirim ke WA. Rada ragu jd mau mastiin eh pas kesana kampusnya libur seminggu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru buka blog sekarang. Iya betul, rekeningnya di Bank Sumsel Babel. Sebagai info di kampus UMP juga ada kantor cabang bank Sumsel Babel, posisinya di arah depan tidak jauh dari gerbang masuk. Tempo hari saya setor uangnya langsung di bank tersebut, dan bukti setoran dibawa untuk ditunjukan ke pengurusnya

      Delete
  5. Assalamualaikum, kak saya mau tanya, jadi test TOEFL ITP di palembang itu ada di Unsri, UMY, dan Bina Darma ya ?
    terima kasih kak.

    ReplyDelete
  6. kak , berarti unsri mengadakan test Toefl ITP?? bukan hanya suliet?

    ReplyDelete